Friday, March 26, 2010

Kontraksi Braxton Hicks

by Anandhita di 9:42:00 AM
Pagi ini, sampai di ruangan seperti biasa aku beresin dokumen2 di meja lalu periksa dokumen di ruangan atasan. Trus nyalain komputer, minum & mulai nulis di agenda apa aja yg mesti dikerjain hari ini. Tau2, perut kanan bawah sakit. Hiks.... aku langsung selonjorin kaki aku, badan senderin ke bangku, minum air putih.

Nah, kan lagi sakit2 gitu sempet tuh aku update status di YM soal kondisi ku ini. Temen ku yang udh 2x melahirkan langsung bilang klo aku lagi kontraksi. Haaa??? Rada ga percaya, karena aku baru 29w. Dia nyuruh aku untuk napas pelan2, dari hidung, keluar dari mulut. Bikin diri se-rileks mungkin. Aku sih nurut aja ya, itung2 latihan buat nanti melahirkan. Hehehe... hasilnya? Rada lumayan siiih...

Trus aku juga kasih tau kondisi aku ke forum dan jawaban temen2 forum sama tuh kya temen ku itu. Mrk bilang, itu kontraksi palsu. Weee... emang gitu ya rasanya? Masalahnya setau aku yg namanya kontraksi itu mules, bukan? Hahaha....

Langsung deh googling untuk cari tau. Ternyata...

* kontraksi Braxton Hicks itu hanya berupa mengencangnya otot-otot rahim, agar tubuh dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan. biasanya hanya berlangsung selama 1 - 2 menit (hmmm.. kok aku agak lebih lama ya?)

* kontraksi Braxton Hicks ini bermanfaat untuk melunakkan mulut rahim, dan biasanya sudah terjadi pada 28 minggu kehamilan

* tidak semua wanita hamil mengalami kontraksi Braxton Hicks (kok bisa sih?)

* kontraksi ini timbul secara tidak teratur & rentang waktunya berbeda-beda

* yang memicu terjadinya kontraksi ini antara lain: pergerakan bayi dalam rahim, setelah membawa beban yg cukup berat atau berolahraga, dehidrasi, atau setelah melakukan hubungan seksual. Sering2lah mengosongkan kandung kemih karena iritasi pada organ tersebut dapat memicu kontraksi ini.

* untuk meminimalkan ketidaknyamanan selama kontraksi ini, cobalah mengubah posisi atau menghentikan aktivitas yg sedang dilakukan. Beristirahat sejenak, minum air & bernapaslah pelan...

sumber: mommygadget.com

3 komentar:

teeka said...

aku jg uda mulai ngrasain,dhit... awalny rada khwatir jg,,takut kontraksi bnrn mo lairan.
stlh aku tnya k dokter,,ktnya emg mulai masuk 28wk,,ada lah yg ngrasain kontraksi palsu itu. asal rentang waktunya jarang n sebentar2 aja,,msh aman. :)

soul of me said...

hai dit... akhir-akhir ini aku juga ngerasain kayak kamu. Perut bagian bawahku suka kenceng banget. Trus kadang perut nonjol sebelah dan rasanya lumayan banget... kaku dan kencang. Biasanya aku selonjoran trus perutku tak elus-elus, lumayan membantu dit. Trus akhir-akhir ini juga suka kram kaki dibagian betis, tapi gak sering. Sebelum tidur suka tak urut dulu.

Anandhita said...

@tika
ayo, bersiap kontraksi lagi. biar rahim kita siap buat melahirkan pada waktunya nanti ;)

@siska
aku baru sekali nih. aku udh lumayan sering ya? iya, lumayan ya rasanya. hiks...
soal betis kram, aku udh agak lama ya ngerasain itu. aku pernah baca di artikel, katanya klo terjadi, kita berdiri aja. aku praktekin waktu suamiku ga ada, dan... kramnya hilang seketika.

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting