Monday, October 13, 2014

Sup Pangsit

by Anandhita di 11:45:00 AM 0 komentar Link ke posting ini

Akhirnya dengan niat yang super, bikin juga sup pangsit ini. Setelah terinspirasi sama mama mitha dan rayan yg minta gara-gara liat masha bikin. Googling resepnya, ah, gampang. Itu kata gue pas liat.
Nyatanyaaaa..... hahaha...gampang sih. Yang susah itu buat gue ngelipet pangsitnya. Tobat deh tobat. Sampe belajar dari youtube pun ga bisa-bisa. Akhirnya lipet sebisa gue aja. Daripada ga jadi-jadi.
Hasil akhirnya sih yummy... dapet jempol juga dari rayan. Yg penting itu kan? :D

Bahan:
Pangsit:
Kulit pangsit
Udang dicincang
Dada ayam cincang
Minyak wijen
Kecap asin
Garam
Daun bawang iris halus
Telur, kocok lepas (untuk ngelem kulit pangsitnya)


Kuah:
Air
Tulang dari dada ayam
Daun bawang, potong-potong 1 cm
Merica
Bawang putih, geprek
Garam


Cara memasak:

Pangsit:
1. Campur semua bahan pangsit kecuali kulit pangsit dan telur
2. Ambil 1 sdt adonan bahan pangsit, taruh di 1 kulit pangsit. Lipat. Lakukan sampai selesai


Kuah: 
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan tulang ayam. 
2. Masukkan bawang putih, merica dan garam.
3. Masukkan daun bawang.


Sup pangsit:
Masukkan pangsit ke dalam kuah. Rebus sampai matang.


Daging asam garam

by Anandhita di 11:42:00 AM 0 komentar Link ke posting ini

Sisa terakhir daging di kulkas. Daging kambing. Akhirnya diabisin hari ini deh. Ga ada ide, akhirnya bikin ini. Kalo kata si mamah sih ini masakan orang yang ga punya duit buat beli bumbu. Cukup asam sama garam aja. Hahaha....tapi entah kenapa, gue suka kalo dulu si papah atau si mamah bikin ini.

Bahan:
Daging kambing
Asam jawa, campur dengan air sedikit
Garam
Minyak goreng
Air


Cara memasak:
1. Potong-potong daging kambing
2. Masukan asam jawa dan garam, remas-remas. Diamkan selama 20 menit
3. Masukkan ke dalam wajan, campur dengan air. Masak sampai air menyusut dan daging empuk.
4. Setelah air menyusut, masukkan sedikit minyak goreng.
5. Angkat, siap dimakan dengan nasi hangat.


Seeee.....gampangnya kebangetan kan? Sebenernya resep yg beredar pakai bawmer bawput. Tapi karena resep turunan keluarga cuma asam dan garam aja, ya gue nurut deh :p

Thursday, October 09, 2014

Ikan Mas Kuah Segar

by Anandhita di 8:46:00 AM 1 komentar Link ke posting ini

Punya ikan mas di rumah, pas beli sih niatnya mau digoreng. Suka banget sama ikan mas goreng. Makannya panas-panas. Pake nasi anget. Yummy...
Tapi setelah goreng, tiba-tiba pengen ikan kuah. Ya udah, googling, dapetlah resep ini. Kayaknya lumayan gampang buat si amatiran ini. Masak pagi-pagi sebelum ngantor, cepet banget jadinya. Rasanya seger pedes gitu. Jadi deh sarapan pake ini.

Bahan:
Ikan mas
Air jeruk nipis
Daun kemangi *saya ga pake*
Daun bawang iris 2 cm
Daun salam
Daun jeruk
Serai
Garam
Gula pasir
Tomat (potong besar) *atau ganti tomat hijau kecil*
Cabe rawit utuh
Air

Bumbu (tumbuk kasar):
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah keriting
Lengkuas
Jahe
Kunyit

Cara memasak:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
2. Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai harum. Lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan serai, tambahkan air.
3. Setelah air mendidih, masukkan ikan mas, tomat, cabe rawit, gula dan garam.
4. Setelah matang, masukkan daun bawang dan kemangi.

Selesaaaai... gampang kaaan? Seperti biasa resepnya ga ada takarannya ya. Dikira-kira aja.
 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting