Sunday, October 25, 2009

Kunjugan ke dua

by Anandhita di 6:04:00 AM
Akhirnya hari yg aku tunggu dtg juga. Kemarin, aku cek lagi ke dokter. Kali ini sama mama karena Muji harus kerja. Dapat no 2, tapi karena no 1 nya belum dtg, aku deh yg langsung masuk pas si dokter dtg. Hehehe...
Sebelum di USG, si dokter nanya2 dulu apa aja keluhan aku selama 2 minggu ini.

Pertama, si mama kasih tau klo minggu lalu aku sempet ga bisa bangun 2 hari gara2 mual & pake muntah. Si dokter langsung nulisin resep anti mual & obat sirup klo muntah. Tapi katanya "biasanya klo udh pegang obat ini, jadi pada ga mual". Hihihi... masa sih, dok? Dia juga bilang "pusing, mual, muntah itu biasa buat ibu hamil. emang ada yg hamilnya hamil kebo. tapi sedikit. karena kita manusia, bukan kebo." Aku sama si mama langsung deh cengar cengir.

Trus aku juga tanya soal yg aku curigain flek itu. Kata si dokter, ada beberapa kehamilan yg seperti itu. Normal, kok. Yg penting kita lihat aja nanti kondisi di dalam rahim pas USG.

Soal keputihan aku juga tanya. Jujur aja, aku kok selalu ngerasa CD aku basah ya. Jadi ke kantor pun selalu bawa CD ganti. Tapi, kata si dokter ini juga normal. Karena adanya perubahan hormon. Yg penting sering2 ganti, biar ga lembab & ditumbuhi jamur.

Yg terakhir, beratnya turun nih, dok. "gpp kok, cuma setengah kilo. klo 3 bulan pertama ga nafsu makan sih wajar. jangan terlalu banyak makan rujak ya, ga bagus buat lambung". Ga kok, dok, entah knp aku ga gitu doyan rujak ataupun mangga muda. Aku mah lebih tergila2 sama ikan kuah asam pedas buatan si mama. Hehehe...

Oya, lupa.
Aku juga tanya soal air jahe yg aku minum klo pas mual. Soalnya banyak banget yg komentar katanya bikin babynya panas. Dokter stefani bilang "air jahe itu bagus buat ngurangin bahkan ngilangin mual. Di Amerika pun bilang bagus untuk ibu hamil yg mual2. klo kata org panas, air jahe itu kan masuknya ke lambung. Dan rahim saat ini posisinya masih di bawah, jauh dr lambung. jadi ga bakal bikin babynya panas. nanti, pd saat si baby udh besar, nah, mungkin bisa bikin si baby panas. krn jarak rahim & lambung dekat. tapi, klo babynya udh besar, ga mual lagi kan? buat apa minum air jahe?". Legaaaa....

Saatnya tiduran, dan di USG. Aku bilang sama si dokter "dok, aku deg2an nih". Trus dokternya tanya "knp, dhit?". Aku jawab "seleksi alam, dok".
"Dhit, yg penting positif thinking. Trus, klo lagi punya pikirin jelek, berdoa. Abis berdoa kan hati kita tenang tuh" duuuh...si dokter ini emang ngerti banget ya harus gimana...

Deg deg.. deg deg... dan.... "dhit, lihat. kantungnya udh membesar. sebelumnya kan kantungnya kecil yaaa... trus, udh ada isinya loooh.... dan... "
"itu apa, dok, yg berkedip2?"

"itu denyut jantungnya. trus lihat buletan yg di sebelahnya? itu kantung makanannya. dia juga punya kantung makanan sendiri loooh..."
Liat yg kedip2 itu, ya Tuhan, Subhanallah... bikin aku nangis. Huhuhu... "aku boleh nangis yaaa...." si mama, dokter & si suster langsung senyum2 deh. Ahhh... biarin ah.

Udh selesai, si dokter kasih aku hm... apa ya namanya. Klo kuliah mah modul kali yaaa....
Dia yg bikin sendiri. Judulnya '9 bulan menjadi seorang ibu'.
Isinya tentang pertumbuhan si baby dari awal sampe 9 bulan. Hihihi... di tengah jadwal prakteknya yg super sibuk, sempet2nya ya, bikin itu modul. Makasih ya, dok.

Si dokter nyuruh aku balik lagi 2 minggu mendatang. Dia mau trimester pertama itu 2 minggu sekali ceknya. Mungkin klo ada apa2 langsung ketauan yaaa...

So, minggu ini kondisi si ibu:
Berat turun setengah kilo
Tensi cuma 90/70. Cukup bikin sering keleyengan :(

Kondisi si baby:
Udh ada janinnya & udh ada denyut jantungnya. Semoga dia selalu sehat & kuat ya Allah... Amiiin...

10 komentar:

Tara said...

mba dithaa..aku juga kmren deg2an wktu mau usg pertama kali kan soalnya..wekekek umur kehamilanny baru 4 minggu, bulan dpan usg lagi u/ liat ada detak jantungnya apa gak..weleeh makin deg2an..mudah2an dpt kbar gembira juga kyk mba ditha..

Anandhita said...

taraaaaa.... udh cerita di blog blm soal USG nyaaa...
duuh... senengnya. kita bisa barengan niiih... ;)

Monica said...

jadi teringat pertama kali USG waktu itu...hehehe
Kalo soal deg2 an, sampe minggu ke 35 sekarang ini sih tiap kontrol masihhh aja deg2 an :)

Anandhita said...

@ami
iya ya, mi. takut ada apa2 gitu. yah, namanya naluri seorang ibu. pasti pengennya anaknya baik2 aja. halah, bahasanya diriku. gaya bangeeet...

tara said...

blum mba dita..aku jdi males update blog lagi..soalnya pulang kerja kaki dan paha ku suka udh pegel banget jdi lgsung tidur..diknotr juga udh males ngapa2in hehe mentalnya udh cemen nih pngennya males2an mulu..hahah payah deh

Rizka said...

Syukurlah ciii dede bae2 ajah yah say. Alhamdulillah...
'Sehat2 trus yaahhh cayankkk di dalam peyut Bunda'...;-*

Wian Hermawan said...

Huhuhuhu... dirimu udah sampe di saat penantian kontrol yah?
Gw baru mlm ini ney mu ktrl. deg2an bangeettt...

Syeneng ya dhit liat ci dede udh berdetak jantungnya..

Smoga bunda dan dedenya sehat2 terus yah..

Anandhita said...

@tara
ssst... kata mamaku, klo ibunya males, nanti anaknya ikutan males. waktu diriku males mandi sore, dibilangin nanti anaknya jorok, males mandi juga. hehehe.. tau deh bnr apa ga

@icha
amiiin... makasih ya, cha..

@wian
wian, diriku sedang dalam penantian lagi. hihihi... sampe si mama bilang apa harus beli mesin USG biar tiap hari bisa liat? hahaha... kya murah aja tuh mesin.
nanti mlm yaaa....? Insya Allah baik2 aja ya. Salam buat baby mu :)

teeka said...

aku br aja kontrol k dokter,bu... dan mengetahui si dede suda bs berdetak,,,,bnr2 membahagiakan :D

sehat selalu ya,bunda...

Anandhita said...

@teeka
seneng banget ya, say. rasanya tuh ga bisa dijelasin. hehehe...
kamu & si dede juga sehat terus yaaa...

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting