Monday, April 26, 2010

Rencana keuangan keluarga

by Anandhita di 12:54:00 PM
Gara2 blognya Ms. Tya yg bisa menerangkan soal keuangan dengan bahasa yg mudah dimengerti oleh org2 awam macam aku ini, akhirnya aku mulailah perencanaan investasi untuk keluarga kecil aku ini. Daripada tuh duit lari entah ke mana. Yaaa... semua perencanaan aku yg susun. Si ayah cuma iya2 aja. Hihihi.. mungkin menurutnya otaknya cukup penuh untuk mikirin investasi2 kya gini. Gpp, deh. Yg penting aku udh sharing seperlunya, dan dia tau kemana aja duit2 kami dilarikan.

Ada beberapa point yg aku rencanakan:

1. Pendidikan si kakak
Jadi, tadinya aku mau bikin AsPen untuk si kakak. Udh survey2 yg mana2 aja yg bagus menurut aku. Tapi.... akhirnya aku malah tertarik untuk invest di reksadana aja untuk pendidikan si kakak nanti. Berbekal dari follow QM Financial di Twitter dan penjelasan dari mantan calon kliennya si ayah, akhirnya aku memutuskan untuk membuka 2 jenis RD untuk pendidikan si kakak.
Untuk SD, aku pilih RD Pendapatan Tetap karena jangka waktunya yg ga terlalu panjang (kurleb 5 tahun lagi) & untuk SMP - S1, aku pilih RD Saham, karena jangka waktunya yg panjang (lebih dari 10 tahun). Rencananya aku bakalan ke banknya langsung, bank tempat aku nabung. Ceritanya biar bisa auto debet, gitu. Awal invest sebesar Rp 500rb, tp selanjutnya bisa mulai dari Rp 100rb. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.
Selain RD, aku juga bikin tabungan rencana dari bank yg sama. Sbnrnya aku iseng2 bikin tabungan ini *ga ngerti mau rencana buat apa*, tp ya gpp lah, toh ga ada biaya2nya. Yah, Insya Allah, untuk pendidikan si kakak nanti ga ada masalah. Amiiin... *bantu doa yaaa..*

2. Pensiun
Klo soal si pensiun, sbnrnya kantor aku & ayah menyediakan dana pensiun untuk kita nanti. Jumlahnya cukup besar. Aku sendiri merencanakan untuk pensiun kurleb 20 tahun lagi. Hahaha.. lama beneeeer... itu juga pensiun dini, looh. Klo nungguin pensiun benernya mah 30 tahun lagi. Doeeeng... Tapi, kita kan ga tau apa yg terjadi nanti yaaa *Insya Allah ga ada apa2*. Jadi, aku rencananya lagi2 mau invest ke RD Saham, dengan pertimbangan 20 tahun lagi itu masih sangaaaat lama. Jadi, investnya kecil2 aja deh.

3. Asuransi Jiwa
Nah, AsJi sebenernya aku udh punya. Waktu jaman baru kerja dulu, aku udh ikutan asuransi ini. Preminya kecil. Sekalian tabungan. 2 tahun pertama uangnya untuk preminya semua, selanjutnya jadi tabungan kita. Hihihi.. unitlink ya, jatuhnya? Biarin deh, ah. Kyanya aku ga bakalan tutup. Emang sih, masih 10 tahun lagiii... tp, gpp lah. Tinggal buka2 polis-nya lagi aja biar tambah tau hak2. Oiya, kata temen aku, AsJi yg bagus tuh yg UP nya 100x gaji kita. Nah, kan si ayah blm punya *telat ya* tinggal cari yg sesuai deh.

4. Dana Darurat
Yang ini, kata temen aku, krn kami Insya Allah akan punya 1 anak, harus sedia 9x jumlah pengeluaran tiap bulan. Yaaaa... walaupun saldonya belum sampe segitu, tapi Alhamdulillah kami udh punya 1 tabungan khusus buat dana ini. Huhuhu... mudah2an ga perlu terpake sampe jumlah 9x itu yaaa... Amiiin...

Selesai? Beluuum... Masih banyak yg ada di otak aku. Tapi.. sedikit2 dulu kali ya. Klo yg ini udh oke, semua berjalan, baru deh nambah2 lagi. Doakan kami yaaa... *versi peserta Takeshi castle*

6 komentar:

Anonymous said...

Aku jd tau dan paham skrg dhit...Thanks uda dishare yaah :)

tya said...

semangat dhit!!! :)

Anandhita said...

@windia
seeep.... mari rencanakan dr skrg. sebelum menyesal di kemudian hari. halah.. apa sih?

@tya
iya, makasih, tya. semua berkat dirimu. knp gw ga dr dulu2 aja ya, mikirin kya gini?

Anonymous said...

woohoo... mari kita rencanakan keuangan kita sebaik-baiknya *halah*

Anandhita said...

@olive
yuk.. mariiii...

Anonymous said...

huhuhu..bagus banget say..tengkiu udah share yah

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting