Tuesday, January 26, 2010

Soal popok

by Anandhita di 8:01:00 AM
Ampun deh, klo ngomongin soal popok, ga ada abisnya. Iya sih, aku baru 20w. Tapi..... udh mulai survey2 dong dari skrg ;)

Nah, biasanya klo ngomongin perlengkapan baby, aku ngobrolnya sama mommy igiet or mommynya ucah. Dan yg jadi permasalahan kami adalah popok jenis apa yg akan kami pakaikan untuk si baby waktu baru lahir? Aku sih mikir ga akan makein si clodi2 itu ya. Mungkin setelah 1 bulan lah baru aku pakein tuh clodi. Jadi, pake apa dong sblm pake clodi?

Sebelumnya sempet kepikiran untuk pake popok serap. Tapi, kata mommynya ucah, keringnya lama banget. Berarti klo tetep kekeuh mau pake ini mesti nyetok super banyak ya..
Trus ngobrol2 lagi sama mommy igiet, katanya ada popok plastik. Ha?? Itu apaan lagi sih? Tapi bukan yg diiket2 itu ya, cukup yg pake velcro. Dalamnya dilapisin sama alas ompol yg cukup famous itu aja katanya atau kain apa tuh namanya. Lupa. Tapi, gerah ga sih si baby pake popok bahan plastik gitu?

Akhirnya kepikiran bakal pake popok tradisional aja deh. Popok kain biasa *ada ga popok kain biasa yg velcro?*, tapi dialasin alas ompol itu, biar ga meleber ke mana2, trus dipakein popok plastik atau diaper cover biar ga nembus klo lagi digendong. Tapi kok jadi ribet banget ya? terlalu banyak ini itu. Tapi gpp deh. Masalah selesai? Ga, tuh. Ada saran lain pake prefold. Duuuh.. apaan lagi sih itu??? Hahaha... ga abis2, kan? Blm lagi istilah2 itu. Untuk yg mau istilah2 dr perpopokkan, bisa dilihat di sini yaaa...

Trus yaaa.... klo masalah popok itu udh selesai, selanjutnya masalah clodi. Banyak merk2 yg beredar, baik buatan import & lokal. Tadinya aku mau pake yg import aja. Tapi.... setelah dipikir2, kyanya aku mau beli semuanya deh. Satu-satu aja dulu. Biar aku pegang bahannya, liat hasil serapnya, dll. Baru abis itu aku nambah yg sekira2nya cocok. Oya, klo mau tau review soal si clodi2 ini, bisa dilihat di sini & di sini.

Jadi intinya aku akan pakai metode yg mana? Mmmm... masih bingung. Hahaha... sangat tidak membantu. Ada usul???

16 komentar:

anis said...

aku juga mulai mikir tuh dunia perpopokan...sementara ini (untuk 2-3minggu pertama baby) adalah kombinasi celana serap merk nk, ama popok kain di insert alas ompol nan terkenal itu...setelah lebih 3 minggu baru adjust ma clodi yang ukuran nb..after 1-1.5 bulan clodi can run well :)

Anandhita said...

@anis
hai aniss...tq udh mampir :)

hihihi... sepertinya aku juga mau pake metode mu deh. gpp deh si serap itu lama keringnya. dicampur aja sama si popok kain biasa.
bikin pusing ya. pdhl baru ngurusin popok...

Wian Hermawan said...

Knp gak lgsg pke clodi aja say?
Popok kain itu, yg putih itu kan ya?
Klo celana serap itu ky apa ya?

Anandhita said...

@wian
entah knp setelah diskusi sana sini, aku mutusin untuk ga pake clodi 1 bulan pertama. selain mau liat seberapa sering pipisnya dia, kok kyanya bulky ya klo skecil itu pake clodi. hihihi... IMHO loooh...

celana atau popok serap itu kya popok biasa, tapi di tengah2nya ada lapisan lebih tebal. untuk menyerap. yah, walaupun katanya ga nyerap bnr-an. biasa, produk lokal *ups!!*. dan udh sistem velcro. jadi ga terlalu ribet lah masangnya.

budhy_cewe said...

sebulan pertama emang sebaiknya pake popok tradisional aja dhit.. biar ngecek jumlah pipisnya dan tau kalo baby pup.. kan kasian kalo sampe gak ketauan pup..
emang sih lebih repot secara baby pasti tiap jam pipis atau pup..

setelah baby lebih sekel*kenceng badannya* baru degh pake clodi..

Anandhita said...

@budhy
asyiiik..... mommy nya kei yg kasih saran. iya, bud, aku rela ber-repot-repot-ria kok sebulan pertama :)

Aini said...

hi Dhita, salam kenal :D aku silent reader tp br skrg berani nongolin diri disini :P
ttg prefolds, tadinya aku juga pengen coba pake... tapi pas pegang langsung prefold-nya, selembarnya bulky & tebelll aja. Akhirnya rencana buat pake popok jadul (yg lebar itu) dilapis sama diaper cover aja deh, huhuu... Mari kita semangaatt buat nguli-cuci-popok selama sebulan pertama :D

Anandhita said...

@aini
iya, temenku juga bilang, prefold itu tebel. jadi kyanya ga usah.
oiya, aku liat istilah perpopokkan di blogmu loooh.... sangat sangat sangat membantuuu.... soalnya tadinya bnr2 ga ngerti. linknya aku taro di postinganku ini. thx yaaa :)

Yudhi Nugraha said...

sebulan pertama pake popok kain, habis itu pake celana, popok sekali pake paling kalau bepergian aja.

Anandhita said...

@seseorang
bulan ke 2 pake celana aja, yud? ga pake popok lagi? bukannya masih meleber kemana2 gitu??

The Syah Family said...

maksudnya popok lebar jadul yg bahan tetra kotak2 itu kan ya trus si alas ompolnya ditaro di dalem popok? kan ga bs nempel. klo bayinya gerak2, bleber juga ompolnya. gw juga bingung nih masalah popok. so far gw udah beli the famous alas ompol itu, 1 clodi *testdrive dulu* , popok kaos 1 lusin sama popok jadul 1 lusin tar dicoba2 dlu deh kyanya

Anandhita said...

@nda-abiw
sbenernya sih ga mau pake popok yg dilipet2 itu. hiks... ribet ya. pengennya yg udh ada talinya aja deh klo pilihannya cuma popok jadul atau yg ada talinya. aku kan niatnya cuma 1 bulan pakenya, emang bayi 1 bulan segimana hebohnya sih bergerak2? hihihi... setau aku mah masih anteng ya. atau pake double tip biar nempel. hahaha... ide gila.

Aini said...

Sama-sama, Dhita :D Wah, bole juga tu ide-nya pake doubletape biar nempel (ntar coba aah) :lol:
kyknya bayi sebulan mah belom heboh ya gerak2nya... ato tergantung bayinya ya ? ntar klo udh bisa ngebalik & tengkurep sendiri, baru deh... :P yah, mari kita coba-coba aja dulu, toh tiap-tiap stage pertumbuhan bayi kan ada aja kebutuhan2 khususnya yg beda :)

Anandhita said...

@aini
iya.... nanti kan yg ngelahirin kamu duluan ya, ni. kasih tips2 ya... hehehe....

lala said...

kalo untuk dirumah aja... aku dikasih tips sama mba Irenenya renatashopshop n aku tertolong bgt sama cara ini. Sampe babyku masih ngompol, cara ini masih aku pake. Oke banget, ga bulky (karena cuman 1 alas ompol n celana pop aja). Aku share disini ya..

Kalo dirumah, pake'in celana pop aja.. lalu dalemnya kasih alas ompol renata, dilipet2 kaya sebesar pad/insert gitu. Dibiarin berlidah kedepan n berlidah dibelakang gitu. berguna banget. apalagi kalo baby dah mulai merangkak atau jalan.. kalo ngompol kan suka berceceran (takut jatuh, n kalo lantainya pake parkit serem kalo ga ketauan ada air menggenang). Sebelumnya aku bingung.. pake celana pop aja kan bisa berceceran n tumpahnya ke ranjang banyak, klo pke cloth diaper bulky ya untuk dirumah, kalo pake celana perlak.. lha rumahku selain di kamar ga ber AC. ternyata tipsnya mba irene menolong banget. Renata dia akalin kaya gitu.

Permasalahan babyku komples bgt. sekalinya pake celana perlak.. my baby agak iritasi, pake cloth diaper dalam rumah.. bulky banget. Ternyata cara ini menolong, plus lebih ekonomis ya menurutku, karena budget buat beli outer2nya kan kalo jadi celana pop bisa dapet banyak.. hohoho..
celana pop juga lebih gampang nyucinya ketimbang cloth diaper n celana perlak. alas ompolnya juga cepet kering ketimbang insert yg bahannya kaya handuk itu.

Gituuu...

Anandhita said...

@lala
thx banget ya, buat tipsnya. aku juga ada rencana mau pake alas ompolnya Renata buat dijadiin alas di dalam popok or celana pop. mudah2an sih sukses kya kamu ya.. :)

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting