Friday, October 01, 2010

Miris

by Anandhita di 10:39:00 AM
Tadi pagi, dpt sms dari teman. Dia cerita klo pendapatan si 'mantan pacarnya' itu ga cukup untuk pengeluaran keluarga kecilnya dalam sebulan. Uangnya cuma bisa buat bayar cicilan motor. Belum buat bayar pinjeman di bank. Belum buat beli susu anaknya, dan bulan depan udh harus nambah beli bubur bayi juga.

Dulu, waktu temen saya ini memutuskan jadi SAHM, saya mikir "apa cukup?". Ah, mungkin dia bisa me-manage keuangan. Ga kayak saya ini. Mungkin juga dia ga terlalu banyak pengeluaran kayak saya yg apa-apa-mau-soalnya-lucu.

Tapi ternyata hari ini, buyarlah semua 'mungkin' saya itu. Kalo cuma cukup buat bayar cicilan motor, gimana soal makan sehari2, kalo ga bisa beli susu anaknya, anaknya harus minum apa? Klo aja rumahnya deket sama saya, mungkin saya bisa kasih sedikit asip yg pas2an itu ke anaknya. Trus, gimana dengan tabungan buat si anak besar nanti? Hiks.. miris banget saya mikirinnya.

Ya, saya emang agak nyalahin dia juga. Kenapa ga berpikir panjang dulu sebelum memutuskan. Pendapatan sebanding ga sama pengeluaran, bisa buat nabung juga ga. Kita kan ga tau apa yg bakalan terjadi, yg mungkin aja harus mengeluarkan biaya yg cukup besar *amit2 jangan sampe*. Ya, saya tahu, rejeki emang di tangan Tuhan. Tapi, kita kan harus tetep memakai logika "kyanya ga cukup nih. berarti saya juga harus cari penghasilan tambahan". Capek, kan, klo tiap bulan harus mikirin 'buat bayar ini dr mana ya, klo buat bayar itu, gimana?'.

Jadi note juga buat saya, walaupun kondisi blm lebih2 amat, harus lebih banyak bersyukur sama Allah. Masih bisa beli clodi, cicilan masih bisa kebayar, masih bisa makan enak, *sayur asem + ikan asin tuh enak, kan?*, masih bisa twitter-an, masih bisa tidur enak *walau kadang2 si bayi ngajak begadang ;p*, walaupun sebagai gantinya saya harus tetep bekerja.

Tuh, makanya Rayan jangan suka ngambek ya klo bunda telat sampe rumah. Kan buat Rayan juga :)

4 komentar:

windyamun said...

Iyaa ya dhit..namapun manusia slalu tdk prnh merasa puas...apa2 mau.
Klo keuangan udah pas2-an gitu, kudu bisa ngirit..harus!
kyk aku nie...sbnrnya sie smua serba pas2an ya..tapi tetep ya masih bisa hidup mpe gajian loh? Bisa kebeli ini, itu yang dipingin, masih bisa bayar cicilan dan makan enak. Overall kudu bersyukur, Alhamdulillah yaa...
Kasian juga temanmu dhit :'(

Anandhita said...

iya, Alhamdulillah ya, win. walaupun kita blm bisa beli rumah gede, belum bisa pake mobil mewah, belanja masih mikir :)

bunda shiraz said...

waktu bundanya shiraz memutuskan resign pada kehamilan bulan ke 4 jg agak2 parno sih apa gaji ayah yg pns bs mencukupi kebutuhan ber 3, dr 2 penghasilan untuk 2 kepala jd 1 penghasilan untuk 3 kepala emg bukan perkara gampang. jadilah urusan belanja2 yg lucu tp ga penting itu sempet diredam abis. Tp alhamdulillah, skg tersalurkan lagi hehe, sekalian bantu2 keuangan keluarga, lumayan bisa beliin shiraz mainan sm clodi, soalnya kan ga beli susu.

Anandhita said...

@bunda shiraz
mestinya kya kamu yaaa... jadi WaHM :)

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting