Saturday, May 08, 2010

Kelas serba serbi ASI

by Anandhita di 5:50:00 PM
Hari Sabtu kmrn, aku sama Opie, janjian buat ikutan kelas serba serbi laktasi di Hermina Bekasi. Gratiiis... Kami pikiiiir.. itu emang beneran kelas, rame2 gitu. Jadi kya seminar. Ga taunya kami ternyata dibawa ke klinik laktasi, dan dijelasin sama suster soal serba serbi laktasi gitu. Cuma kami ber2, looh.. Jadi kya konsultasi gitu.

*Bingung juga nih mau tulis apa. Klo dijelasin semuanya, bakalan panjang banget*


Pertama, kami diyakinkan bahwa ASI adalah makanan yg terbaik untuk bayi. Bukan susu sapi, krn anak kita bukan sapi. Hehehe... Daaan.. kalau kita udh niat ngasih ASI ke anak kita, Insya Allah kita pasti bisa kasih ASI. Tp emang ga langsung banyak gitu keluarnya. Yg penting kita sabar, dan selalu merangsang si pabrik untuk memproduksi, maka si pabrik akan memproduksi sesuai dengan kebutuhan, atau malah lebih. Cara merangsang si pabrik untuk memproduksi ya pastinya dengan menyusui si baby.

Kedua, kami diajarin caranya menyusui bayi. Mulai dari latch on yang benar, sampai posisi kita & si baby ketika menyusui. Kitanya juga harus rileks. Punggung lebih enaknya bersandar & ga bikin kita pegal. Oya, kaki juga harus dilurusin. Katanya biar ga bengkak. Hmm.. ternyata bukan pada kehamilan aja kaki kita bisa bengkak, tp pada saat masa menyusui pun bisa bikin bengkak klo posisi kaki kita salah. Selain itu, kami dpt tips nih. Jadi, sebelum menyusui, baiknya puting beserta aerolanya diolesin ASI dulu. Juga sesudahnya..

Trus, karena aku sama Opie sama2 bekerja, kami diajari juga cara memerah yg benar & menyimpan ASIP. Daaan... lagi2 dianjurkan untuk tidak menggunakan botol susu pada saat memberikan ASIP pada si baby. Jadi, bisa dengan menggunakan sendok, pipet, ata cup feeder. Tapi yaaa.. mesti sabar sih emang ngasihnya. Gunanya? Biar ga bingung puting. Well, aku bisa sabar ga ya??? Hehehe...

Terakhir... aku sama Opie diperiksa apakah kolostrumnya udh keluar atau blm. Haduuuh... buka baju dooong... Maluuuu... Opie duluan yg diperiksa. Aku-nya hadap tembok deh. Pas kata si suster "ini udh keluaaar". Waaah... aku langsung deg2an. Takut aku belum. Pas giliran aku... Alhamdulillah, kolostrumnya juga udh keluar. Agak sakit juga dipencet sih. Langsung nyut2an. Tapi... gpp. Dampak si kolostrum itu bikin aku jadi pede buat kasih ASIX untuk si kakak. Doakan lancar yaaa... Amiiin...

*abis itu, lanjut nonton Iron Man 2 sama si ayah. sabtu yg menyenangkaaaan...*

6 komentar:

oppie said...

wahhh namaku disebut2, hehe iya, lucu ya sampe ga sempet foto2 qt dhit, padahal jarang ketemu juga :p

Anandhita said...

@oppie
iyaaa.. pdhl ada suamimu ya, yg bisa dikaryakan jadi fotografer dadakan. hehehe...

Tini said...

waah..jd bikin semangat asix yaa

bagian yg aku suka ya pas di cek kolostrum itu..mau jg ah di cek..mau tanya2 klinik laktasi di hermina deket2 rumahku..

Anandhita said...

@tini
iyaaa.. suka sih pas di cek itu. tapi sakiiit... hahaha... ayoo.. coba di cek. pasti ada, kok ;)

Rizka said...

Pasti bisa kasi ASIX say. Smangattttttttttttt...;-*

Anandhita said...

@icha
amiiin... makasih ya, cha..

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting