Monday, April 08, 2013

Haruskah perempuan bisa masak sekarang ini?

by Anandhita di 2:14:00 PM
Dulu, gw ga pernah berpikir seorang perempuan harus bisa masak. Apalagi masak yang canggih-canggih ala chef. Lagian, di peraturan mana coba yang mengharuskan perempuan harus bisa masak? Iya, ga? Delivery juga udh gampang sekarang. Ada art juga, biar aja art yg masak.

Tapiiii...kalo lagi ga punya duit, trus harus menghemat, delivery itu kan boros banget ya. Art? Kalo artnya ga bisa masak gimana coba? Trus ga pengen gitu masak buat suami & anak? Hehehe...

Kenapa gw bahas ini? Jadi, ceritanya gw punya art, yg untuk bikin tempe goreng pun ga bisa. Nah loh, stres kan lo? Gw yang tadinya berpikir bahwa "anak perempuan, khususnya yg di desa pasti bisa masak", sekarang ga lagi berpikir kayak gitu. Bermacam-macam mungkin alasannya. Ada yg berbagi tugas sama saudaranya, saudaranya yg masak, dia beres2. Jadi dia ga nginjek dapur deh tuh. Ada juga nih mungkiiin...yang males. IMO, apapun alasannya, setidaknya kalo ga mau nginjek dapur ya ngintip aja pasti boleh. Jadi tau basic-basicnya. Dan kalau suatu saat harus masuk dapur karena kepepet, ga blank-blank amat gitu.

Gw jadi compare deh nih. Temen-temen gw, yang rata-rata kerja kantoran 9 to 5, itu bisa masak. Ya walaupun dibantuin art *bukan ngebantuin art ya*. Tapi setidaknya mereka ngerti ini apa itu apa, masak ini bumbunya apa, bahan ini harus digimanain biar empuk. Lagian sekarang kan udh banyak ya bumbu instant yg bikin masak itu tambah gampang. Sambil ngintip-ngintip resep masakan juga ga salah, kok *gw banget deh ini*.

ga harus masak ala Farah Quinn kok

Jadi, mari kita masaaak :D

*gambar dari sini


8 komentar:

AstyNNS said...

Jadi inget dulu kalo diajak mama masak, mama bilangnya: syukur2 kalo dpt suami kaya raya bisa gaji ART byk supaya kamu gak perlu masak, tapi kalo sebaliknya gmn? Perempuan hrs bs masak walopun gak jago2 bgt yg penting bisa dimakan krn masa depan gak ada yg tau, siapa tau kamu gak punya ART dan hrs masak sendiri. hehehe...

Anandhita said...

@Asty
iya, mbak. setuju banget!

sari kusuma said...

aku dulu pas belom merit ga pernah masak/bantuin samsek, mending disuruh ngepel/cuci piring aja hahaha

Tapi ya namanya udah ibu2, otomatis kudu bisa masak, learning by doing ceritanya, eh sekarang malah suka masak, nekat bikin kue juga, asikya kalo bisa bikin cemilan2 yang disukai anak sama suami, puwasss banget rasanya hehehe

maap malah curcol :)

SunDhe said...

Samma seperti Mba Asty, waktu kecil juga sering digituin sama Mamak, Alhamdulillah walau ga seperti chef, tp bisalah masak. Apalagi tanpa MSG, suami cukup suka :D

Anandhita said...

@sari
jadi baru mulai bikin kue itu setelah nikah? hahaha...krn kuenya canggih aku pikir sebelum nikah udh sering bikin kue, sar

@sundhe
aku nyerah deh kalo masak ga pake msg. suka ga pas. hebat ih bisa ga pake msg

Rizka said...

Kalo sekarang tujuan masak itu demi liat senyum puas nya suami sama anak2 yah dhit. Walopun gw juga masih belajar masak. He5. Untung sekarang media belajar banyak banget. Tinggal googling resep ato liat buku. Cringgg jadi deh...;-)

Anandhita said...

@icha
yoi, cha. apalagi kalo sampe pada ketagihan masakan kita. wiiih...rasanya puaaaas banget

risti said...

gue si masak demi ego & pengakuan sebagai istri sempurna dan ibu berguna hahaha...
walopun sebenernya kemampuan sungguh basic, tapi percayalah. suami & anak anak tu lebih seneng kalo liat gue masak, terus disajiin di meja. walopun juga kadang2 masakan suka balik lagi ke panci karna proporsi gula garam merica kecap nya kurang pas. tapi gakpapa. yang penting usahanya hahaha

 

PROUD MOMMY Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting